Selamat Datang di Website MAN INSAN CENDEKIA KOTA BATAM | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MAN INSAN CENDEKIA KOTA BATAM

NPSN : 11111111

Jalan Hang Lekiu, RT. II/RW X Kel. Sambau-Kec. NongsaKota Batam, Provinsi Kepulauan Riau


info@icbatam.sch.id

TLP : 0812 7071 2727


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 77862
Pengunjung : 20256
Hari ini : 34
Hits hari ini : 128
Member Online : 1
IP : 54.198.134.32
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Siswa MAN IC berhasil menduduki peringkat 3 dalam Ajang NASEC 2017




Siswa MAN IC berhasil menduduki peringkat 3 dalam Ajang

National Sharia Economics Championship 2017 (NaSEC 2017)

 

            Nongsa - MAN IC Kota Batam kembali mengibarkan bendera prestasi dikancah Nasional. Melalui ajang National Sharia Economics Championship 2017 (NaSEC 2017) yang merupakan salah satu rangkaian acara SENSATION (Sharia Economic Acts in Innovation) 2017. Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. NaSEC 2017 merupakan sebuah kompetisi bagi pelajar SMA/MA sederajat dari seluruh Indonesia yang memiliki tujuan untuk meningkatkan wawasan mereka mengenai ekonomi syariah. Selain mengasah pengetahuan siswa mengenai ekonomi syariah, ajang tersebut juga membahas materi ekonomi konvensional, dan akuntansi SMA.

            Diawali dengan pendaftaran 10 tim yang terdiridari 3 siswa pada masing-masing tim secara online(19/9). Kemudian, dilaksanakannya babak penyisihan secara serupa dengan mengerjakan 120 soal dengan waktu 100 menit (3/10). Selanjutnya, pihak penyelenggara melakukan penilaian dari sekitar +120 tim dan akhirnya diumumkan 25 tim yang berhasil lolos kebabak semifinal untuk bertanding di FEB UGM,dan 3 tim MAN IC Kota Batam termasuk didalamnya yaitu Hasbi Nasir Husain(17), M. Maulana Malik(16), dan Yendi Rio Nurrachman (17) sebagai tim 1, Siti Halimah(16), Faradilla Tiarasanti(16), dan Aura rivania(16) sebagai tim 2, Nurul Devi Alifya (17), Novita Nada Tahira(17), dan Sherly Oktaviani Sari (18) sebagai tim 3.

            Setelah dinyatakan lolos kebabak semifinal, masih banyak persiapan yang harus disiapkan.“ Selain berkas-berkas yang harus disiapkan, kami juga harus menyiapkan mental untuk berangkat menjadi perwakilan sekolah ketingkat nasional. Karena tidak hanya nama sekolah, tapi mengharumkan nama Provinsi Kepri juga menjadi tanggung jawab kami.” Imbuh Nada dengan mata yang berkaca-kaca.

             Goes to UGM, dihari pertama kedatangan ketiga tim kebanggaan beserta pembimbing pada 18 Oktober 2017 di kota Mbah Marijan tersebut disambut oleh panitia dengan pembagian Liaison officer (LO) dan penginapan. Pelaksanaan semifinal dilaksanakan dua tahap, yang pertama quarter final dengan bermain sambil mengerjakan soal-soal, kegiatan ini disebut dengan think and explore. Tahap kedua Quarter Final dilaksanakan dengan mengerjakan soal semisal dengan olimpiade sebagaimana mestinya pada (20/10). Pada siang harinya diumumkan top 15 yang berhasil lolos ketahap selanjutnya, dan tim 1 delegasi dari MAN IC Kota Batam berhasil meraih peringkat ke-3. Dilanjutkan dengan test berikutnya yang disajikan dalam beberapa model seperti true & false, guess & clue, dan mystery box yang penjawabannya dilakukan dengan cara estafet. Delegasi MAN IC Kota Batam terus melakukan persiapan dan tetap optimis untuk lolos ketahap selanjutnya, seperti yang dilansir dari pernyataan pembimbing kontingen MAN IC Kota Batam, ”Kita terus melakukan persiapan dan tetap optimis dalam ajang ini, karena tidak menutup kemungkinan tim kita akan lolos kebabak selanjutnya” tutur Yulianto sebagai pembimbing yang berkelahiran di tanah Semarang tersebut.

            Sabtu, 21 Oktober 2017 pada pukul 07.30 panitia FEB UGM menyelenggarakan seminar tentang Ekonomi Islam. Para peserta mengikutinya dengan seksama, dilanjutkan dengan pengumuman top 5 finalist dan tim 1 MAN IC Kota Batam berhasil meraih peringkat ke-3. Kelima finalist mempresentasikan Maqashid Syari’ah (solve problem) dilanjutkan dengan cerdas cermat. Penilaian kejuaraan berdasarkan nilai presentasi dan cerdas cermat.

            Pada malam  puncak (awarding night), pihak panitia mengumumkan tim-tim yang menjuarai kompetisi ini. Bak menerima sebongkah berlian, tim 1 MAN IC Kota Batam terlahir sebagai Juara 3 dalam kegiatan  nasional yang cukup bergengsi ini. “Usaha yang luar biasa akan menghasilkan hasil yang luar biasa” tutur Maulana salah satu champion dari pasangan Ir. Abdul Malik dan Rosida. Ditemui di tempat yang berbeda, Hasbi, salah satu jawara yang berkelahiran di Batam, 31 Juli 2000 tersebut mengungkapkan rasa syukurnya sembari bertutur ”Alhamdulillah, dengan pencapaian ini saya semakin termotivasi untuk mendalami Ekonomi Islam, saya percaya bahwa semakin kita berilmu, dunia akan menghampiri kita dengan sendirinya”.

            Setelah kepulangan tim ke tanah melayu, penyerahan penghargaan kepada seluruh keluarga MAN IC Kota Batam dilaksanakan pada (30/10). “Pencapaian ini kami persembahkan untuk kedua orang tua, pembimbing, kepala madrasah, dan seluruh keluarga besar MAN IC Kota Batam tercinta, semoga keberhasilan ini menambah  motivasi belajar kita untuk mengukir prestasi-prestasi yang lebih gemilang”. Ujar Rio, perwakilan tim kebanggaan yang berasal dari kelas XI MIA 1 tersebut. (WK)




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas