Selamat Datang di Website MAN INSAN CENDEKIA KOTA BATAM | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MAN INSAN CENDEKIA KOTA BATAM

NPSN : 11111111

Jalan Hang Lekiu, RT. II/RW X Kel. Sambau-Kec. NongsaKota Batam, Provinsi Kepulauan Riau


info@icbatam.sch.id

TLP : 0812 7071 2727


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 88156
Pengunjung : 21493
Hari ini : 52
Hits hari ini : 225
Member Online : 1
IP : 54.221.73.186
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

 

Silakan melakukan Pendaftaran Online di : ic.ppdbonline.id (Batas Pendaftaran 1 Februari - 25 Februari 2017)

 

LANGKAH PENDAFTARAN PPDB ONLINE


1. Pembuatan Akun
Untuk dapat melakukan pendaftaraan PPDB secara online, peserta diharuskan untuk membuat akun PPDB Online. Pembuatan akun PPDB Online menggunakan email dan NIK calon peserta PPDB.


2. Mengisi Formulir PPDB
Setelah akun dibuat, tahap selanjutnya adalah mengisi formulir PPDB. Formulir PPDB berisi mengenai informasi peserta PPDB Online secara lengkap.


3. Memilih Jalur PPDB Online
Secara umum terdapat dua jalur PPDB Online, yaitu jalur Tes dan jalur Prestasi. Terdapat dua tipe jalur tes, yaitu jalur Reguler dan juga jalur Hafiz. Sedangkan jalur prestasi merupakan jalur tanpa tes, apabila peserta dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai siswa berprestasi, maka akan diterima ke Man Insan Cendekia secara langsung.

 

4. Input Data dan Rekomendasi Sekolah/ Madrasah Asal
Peserta mengisi data mengenai asal sekolah atau madrasah sesuai form yang ada. Dalam menu ini peserta diwajibkan untuk upload surat rekomendasi dari sekolah atau madrasah asal. Bagi peserta yang memilih jalur Hafiz akan diminta untuk mengisi formulir tambahan mengenai data hafalan Al-Quran. Sedangkan bagi peserta yang memilih jalur prestasi akan mengisi formulir tambahan mengenai data prestasi yang telah dicapai.


5. Input Nilai Rapor Semester 1-5
Pada tahap ini peserta mengisikan nilai rapor pada semester 1-5 dari sekolah atau madrasah asal. Nilai yang diinputkan mengguanakan skala 0-100. Apabila nilai rapor dari sekolah atau madrasah asal menggunakan skala 1-4, maka diperlukan untuk konversi skala nilai adri skala 1-4 menjadi 0-100. Konversi dapat nilai dilakukan oleh sekolah atau madrasa asal.


6. Memilih MAN Insan Cendekia
Peserta memilih MAN Insan Cendekia sesuai kehendaknya, maksimum 2 lokasi. Untuk jalur reguler dapat memilih 1 lokasi atau 1 lokasi. Untuk jalur prestasi diharuskan memilih 2 lokasi.


7. Upload Dokumen
Secara umum terdapat 3 dokumen yang harus diupload, yaitu upload pas foto, upload rapor kelas IX semester 1 (gasal), dan juga akta kelahiran. Bagi calon peserta kurang mampu akan diminta untuk menyertakan bukti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), atau kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG sesuai kartu yang dimiliki.


8. Memilih Lokasi Tes
Memilih lokasi dilaksanakannya tes PPDB


9. Cetak Kartu Pendaftaran
Jika seluruh formulir telah diisikan dengan baik dan benar, maka peserta dapat mencetak kartu pendaftaran sebagai bukti telah terdaftar dalam PPDB Online.

 

PENDAFTARAN ONLINE :

ic.ppdbonline.id

PANDUAN LENGKAP SILAKAN DI DOWNLOAD DISINI :

PANDUAN MENDAFTAR PPDB ONLINE MAN IC 2017

 

Pelaksanaan kegiatan PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia tahun 2017 direncanakan secara simultan dimulai bulan Januari sampai Juli tahun 2017. Persiapan kegiatan yang dilakukan meliputi; pembentukan Tim PPDB 2017, penyusunan Petunjuk Teknis PPDB, penyiapan software database PPDB online, dan rapat koordinasi antara Direktorat Pendidikan Madrasah dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi/Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia seluruh Indonesia, dan dengan tim IT yang ditunjuk.
Adapun rincian kegiatan dan tanggal penting pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut:

Kegiatan

Tanggal

A.   Sosialisasi dan Publikasi

17 Januari – 25 Februari 2017

B.    Pendaftaran (online)

1 Februari – 25 Februari 2017

C.    Seleksi Berkas

3 Februari – 28 Februari 2017

D.   Pengumuman Peserta Tes

11 Maret 2017

E.    Pelaksanaan Seleksi

18 Maret 2017

F.    Pengumuman Kelulusan

10 April 2017

G.   Pendaftaran Ulang

11 - 20 April  2017

H.   Awal Masuk Asrama

15     Juli 2017

I. Awal Kegiatan Madrasah

17 Juli 2017

 

  1. Pendaftaran

C.1  Persyaratan Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru

  • Peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2016/2017.
  • Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2017
  • Pada semester 1 kelas IX tahun pelajaran 2016/2017 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar 1-5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 7 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah;
  • Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar  > 5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 10 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah;
  • Rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2016/2017 termasuk di dalamnya kelas reguler, kelas unggulan,  dan kelas akselerasi.
  • Madrasah/Sekolah yang berada di Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah, Propinsi Aceh, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Bengkulu, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Papua Barat, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi NTB, Provinsi Maluku Utara dapat mendaftarkan siswanya maksimal 20 orang.
  • Khusus pendaftar yang memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi akademik (peraih medali emas pada OSP, OSN, KSM, dan Lomba Penelitian/Karya Ilmiah tingkat nasional yang resmi diselenggarakan oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LIPI, Kementerian Pendidikan Tinggi dan Ristek) dapat diberikan rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 1 s.d. 2 di atas dengan menyertakan bukti prestasinya.
  • Khusus pendaftar yang memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 10 juz dan berprestasi dalam MTQ tingkat Propinsi dan Nasional, dapat diberikan rekomendasi/surat keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 1 s.d. 2 di atas. 

 

Persyaratan Khusus Untuk Jalur Prestasi :


Pendaftar yang mempunyai prestasi akademik dibidang sains pada tingkat nasional dan atau internasional diberikan kesempatan untuk menjadi peserta didik pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia melalui jalur prestasi tanpa melalui tes akademik dan tes potensi belajar apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
1) Peraih medali emas pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama atau Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan melampirkan bukti prestasinya.
2) Peraih medali emas pada lomba

 

Mekanisme Pendaftaran :
Seluruh pendaftar PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia baik jalur tes maupun jalur prestasi melakukan pendaftaran dengan mekanisme sebagai berikut :
a) Mengunggah (upload) pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).
b) Mengunggah (upload) berkas persyaratan;
1. Rapor kelas IX semester 1 (gazal) yang telah disahkan diupload dalam bentuk file pdf dengan ukuran file maksimal 1 MB.
2. Sertifikat/penghargaan prestasi di bidang sebagaimana disebutkan di poin c.4 dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).
3. Surat Keterangan hafalan Al-Qur’an 10 juz atau lebih sebagaimana disebutkan di poin 3 huruf e) dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).
4. Akta kelahiran/surat kenal lahir dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).
5. Bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi harap menyertakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG (maks. 300 kb).

 

 MEKANISME TAHAPAN SELEKSI

A. Seleksi Berkas
Direktorat Pendidikan Madrasah melaksanakan seleksi berkas dengan meneliti pemenuhan persyaratan dan memeriksa data online yang diatur pelaksanaannya dalam 3 (tiga) zona/ wilayah seleksi, yaitu zona Jambi (meliputi seluruh wilayah Sumatera), zona Serpong (meliputi seluruh wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara), dan zona Gorontalo (meliputi seluruh wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua). Selanjutnya, pendaftar yang memenuhi syarat dan berhak mengikuti tes seleksi akan ditetapkan dalam bentuk Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Pendaftar yang lolos seleksi berkas diumumkan di website/ laman Kementerian Agama (www.kemenag.go.id), dan website/ laman masing-masing MAN Insan Cendekia.


B. Seleksi Tertulis
Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia melalui jalur tes dilakukan seleksi tertulis.


1. Materi Seleksi
Materi seleksi tertulis PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) dan Tes Akademik untuk bidang studi: Matematika, Pengetahuan Dasar (IPA dan IPS), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.
Penyusunan dan penggandaan materi seleksi PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dilaksanakan oleh panitia pelaksana tingkat pusat bekerja sama dengan lembaga asesmen/penilaian independen, serta berkoordinasi dengan panitia pelaksana tingkat wilayah dan tingkat madrasah.


2. Tempat Seleksi
Seleksi peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dilaksanakan di tempat yang diusulkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dengan ketentuan bahwa jumlah peserta tes di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi tersebut minimal 30 pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi berkas.

Jika dalam suatu lokasi tes yang lolos seleksi berkas dan berhak mengikuti seleksi tertulis kurang dari 30 orang, maka mereka diarahkan untuk mengikuti tes/ seleksi tertulis di lokasi terdekat yang di tentukan panitia. Kondisi geografi dapat menjadi alasan membuka tempat tes dengan jumlah peserta kurang dari 30 orang, dengan pertimbangan efisiensi biaya. Tempat dan alamat lokasi tes/ seleksi tertulis akan diberitahukan kepada peserta melalui pengumuman di website/laman Kementerian Agama dan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia.

3. Waktu Seleksi
Kegiatan tes/seleksi tertulis PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia hanya dilaksanakan 1 (satu) kali dan serentak di semua lokasi tes seluruh Indonesia pada:
Hari,Tanggal : Sabtu, 18 Maret 2017
Waktu : 07.30 waktu setempat s.d. selesai.

 

 Info Selengkapnya Download Link dibawah ini :

Juknis PPDB MAN IC 2017-2018 FIX