Selamat Datang di Website MAN INSAN CENDEKIA KOTA BATAM | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MAN INSAN CENDEKIA KOTA BATAM

NPSN : 69975889

Jalan Hang Lekiu, RT. II/RW X Kel. Sambau-Kec. NongsaKota Batam, Provinsi Kepulauan Riau


info@icbatam.sch.id

TLP : 08126178423


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 473516
Pengunjung : 129627
Hari ini : 32
Hits hari ini : 90
Member Online : 1
IP : 3.238.8.102
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Literasi Siswa

Lolos Semifinal Olimpiade APBN 2020, MAN IC Batam Harumkan Madrasah di Tingkat Nasional




Gelaran Olimpiade APBN 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan bekerjasama dengan PKN STAN kini telah memasuki babak Semifinal. Dari 3324 tim yang ikut serta, sebanyak 12 tim terbaik berhasil lolos ke babak Semifinal. Salah satu tim yang lolos tersebut adalah dari MAN Insan Cendekia Kota Batam yang beranggotakan M. Wafiq Fadhillah (XI MIPA 1), Dwi Erina Athaillah (XI MIPA 1), dan Haykal Sultan Hakeem (XI IPS).

 

Bagi MAN Insan Cendekia Kota Batam sendiri, ini merupakan kedua kalinya secara beruntun melaju ke babak Semifinal. Kendati pun tahun lalu belum mampu menembus babak Final, tahun ini diharapkan mampu menorehkan prestasi lebih baik dan meraih juara.

 

Olimpiade APBN merupakan sebuah kompetisi berskala nasional untuk pelajar dari SMA/MA/SMK/Sederajat atau Program Paket C yang ada di Indonesia. Olimpiade APBN 2020 menekankan pada pemahaman siswa tentang pengelolaan keuangan negara, mengenal APBN, perencanaan, penganggaran, penyusunan APBN, pelaksanaan APBN, pelaporan APBN, pembiayaan APBN,investasi pemerintah, Badan Layanan Umum (BLU), desentralisasi fiskal, monitoring dan evaluasi anggaran, nota keuangan negara, serta peran APBN dalam penanganan Covid-19.

 

Pada prosesnya, setiap sekolah diperbolehkan mendaftarkan siswanya maksimal 5 tim dan mendaftar sesuai regionalnya masing-masing. MAN Insan Cendekia Kota Batam yang tergabung dalam regional 1 wilayah Sumatera mendaftarkan 5 tim terbaik dalam Olimpiade APBN 2020. Pendaftaran dilakukan tanggal 20 Agustus 2020 secara online.

 

Pelaksanaan Olimpiade APBN ini dilaksanakan melalui beberapa tahap seleksi. Pertama, tahap Online 1 dilaksanakan pada 29 Agustus 2020 dan diikuti 3.324 tim se Indonesia untuk menyeleksi 25 tim terbaik setiap regionalnya. Siswa menjawab 100 soal selama 100 menit pada portal ujian yang sudah ditentukan. Pada tahap ini, MAN Insan Cendekia Kota Batam berhasil meloloskan 3 tim dari 25 besar regional 1. Tim tersebut berada di peringkat 3 (M. Wafiq, Dwi Erina, dan Haykal Hakeem), peringkat ke 5 (M. Ihsan, M.Jodifa, dan Syahrani Safitri), dan peringkat 7 (M. Afif Muntashir, Denisya, dan Zahara)

 

Selanjutnya, tahap Online 2 yang dilaksanakan 24 September 2020 lalu dan diikuti 25 besar tim setiap regional untuk memilih 3 tim terbaik sebagai perwakilan regional ke tingkat nasional. Pada tahap ini, selain mengerjakan soal sebanyak 75 soal dalam waktu 75 menit, siswa juga diminta membuat Esai tentang Peranan APBN menuju Indonesia Maju 2045. Dari 3 tim MAN Insan Cendekia Kota Batam, hanya 1 tim yang berhak mewakili regional Sumatera di Nasional.

 

Ada pun untuk babak Semifinal dan Final, jika mengacu pada Juknis lomba, rencananya akan dilaksanakan secara offline bertempat di PKN STAN Jakarta pada 20 dan 24 Oktober 2020 mendatang. Namun, dikarenakan penularan Covid-19 yang masih tinggi, belum ada keterangan lanjut terkait pelaksanaan Semifinal dan Final Olimpiade APBN 2020, apakah tetap di tanggal tersebut atau ada perubahan lain.

 

Di Babak Semifinal, Tim MAN Insan Cendekia Kota Batam akan bersaing dengan 11 tim lainnya, yaitu: Tim SMA Negeri 5 Pekanbaru, Tim SMA Negeri 1 Palembang (Regional 1), Tim SMA Negeri 1 Sleman, Tim SMA Negeri 1 Surakarta, Tim SMA Negeri 1 Manyar (Regional 2), Tim MAN IC Tanah Laut, Tim SMA Negeri 3 Singkawang, Tim SMK Negeri 1 Banjarmasin (Regional 3), Tim SMA Negeri 1 Manokwari, Tim SMA Negeri 1 Barru, dan terakhir SMA Negeri 1 Pinrang (Regional 4)

 

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Batam Rudianto, S.Pd.,M.M.Pd., mengaku bersyukur dan bangga atas prestasi yang ditorehkan siswanya tersebut. "Alhamdulillah, selamat buat tim Olimpiade APBN 2020 yang lolos babak 12 Besar Nasional. Sebuah prestasi yang harus disyukuri. Apalagi, hanya MAN Insan Cendekia Kota Batam dan MAN Insan Cendekia Tanah Laut Kalsel yang akan bersaing di tingkat Nasional mewakili madrasah yang ada di Indonesia, dan akan berjuang meraih prestasi terbaik," tuturnya.

 

Rudianto pun berterima kasih kepada semua pihak terkhusus untuk guru pembimbing dan siswa yang berjuang di Olimpiade APBN 2020. "Terimakasih kami ucapkan kepada Pembina Ust. Jufri Marsal, S.Pd., Guru Ekonomi MAN IC Batam dan juga kepada Siswa yg tergabung dalam Tim Olimpiade APBN MAN IC Batam atas prestasi yang dipersembahkan guna menaikkan nama baik dan citra Madrasah Hebat Bermartabat," ungkapnya.

 

"Semoga dengan prestasi ini membuka jalan untuk Ananda meraih prestasi prestasi selanjutnya dan menduduki PTN yang diidamkan serta tercapai cita cita yang digoreskan. Aamiin," tegasnya.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas